Pages

Monday, April 18, 2011

RIDING ON THE WIND


Life is not always to be sailed close-hauled into the teeth of the gale. Some days are for running quietly before a gentle breeze. Life presents us with ample opportunity to do both.

Hidup tidak selalu harus berlayar melaju kencang dengan angin yang kuat bertiup. Terkadang untuk beberapa hari, kita harus berlayar dengan tenang dibawah terpaan angin yang tenang berhembus. Namun, dalam hidup ini, kita punya banyak kesempatan untuk melakukan keduanya.




We are given days when we are becalmed - with neither danger nor adventure on the horizon. Welcome these days for rest and renewal.
We are given days with a light breeze, and no particular place to go. Welcome these days to sail about and explore the immediate neighborhood. Welcome the opportunity to practice setting the sails to get the highest efficiency from the breeze, and to learn to approach the docks and moorings of our destinations smoothly.


Ada hari-hari dimana kita harus berhenti tanpa adanya bahaya ataupun petualangan di cakrawala. Sambutlah hari ini untuk beristirahat dan memperbaharui kembali hidup Anda. 
Kita terkadang diberi hari dengan angin sepoi-sepoi, tanpa ada tujuan yang pasti kemana harus pergi. Anggaplah saat ini sebagai kesempatan untuk melihat sekeliling dan mengenali sekitar Anda. Ambillah kesempatan ini untuk mengatur layar agar bisa memiliki efisiensi tertinggi terhadap angin, dan belajar untuk bisa mendekati dermaga agar tujuan Anda lancar tertambat. 









We are given days when our chosen destination is downwind of our current position and in clear sight. Welcome these days when we can run gently with the wind rather than fighting it. Sometimes life's wind really does blow our way.
Often, we are given days when our destination lies in a direction other than downwind, and often beyond our line of sight. Welcome these days to prove the agility, speed, and stamina of our boat and our seamanship. We reach, we tack, we maneuver. We use our training, our compass, our charts, and the stars. We set ourselves apart from those who are less trained, less focused, less attentive, less committed, less courageous, and less bold.


Ada hari-hari dimana tujuan yang telah kita pilih justru mengikuti arah angin dan membuat tujuan kita semakin jelas terlihat. Sambutlah hari-hari tersebut dengan cara berlari mengikuti angin dan bukan melawannya. Sebab terkadang angin kehidupan benar-benar meniupkan jalan yang telah kita pilih. Namun seringkali, kita diberi hari-hari dimana tujuan kita terletak diluar arah angin sehingga semakin gak jelas terlihatSambutlah hari-hari ini untuk membuktikan kelincahan, kecepatan, dan stamina perahu dan ilmu pelayaran kita. Kita jangkau, kita memakai taktik, kita melakukan manuver. Kita menggunakan pelatihan, kompas, grafik, dan bintang-bintang. Dengan cara ini kita tetapkan diri kita berbeda dari orang-orang yang kurang terlatih, kurang terfokus, kurang perhatian, kurang berkomitmen, kurang berani, dan kurang berdedikasi. 








Sometimes we are given days when a full gale blows and dangerous rocks and shoals lie directly down wind. Welcome these days as the opportunity to put our best seamanship on the line. We have worked hard, trained hard, studied hard, and practiced hard in order to be ready for days like this. These are the days we must sail close-hauled into the teeth of the gale. We breathe in our courage, exhale our fear, and do what we have trained ourselves to do



Kadang-kadang ada hari dimana badai menerpa dan batu-batu yang berbahaya menghantam. Sambutlah hari-hari ini sebagai kesempatan untuk menerapkan apa yang telah kita pelajari tentang ilmu pelayaran. Kita telah bekerja keras, dilatih keras, belajar keras, dan berlatih keras agar siap untuk hari seperti ini. Ini adalah hari dimana kita harus berlayar dekat dengan angin kencang tersebut. Hirup keberanian, dan lepaskanlah ketakutan, dan lakukanlah apa yang telah kita latih sebelumnya. 




One day we are given the "perfect storm" - the hurricane beyond hurricanes - the day when our mast breaks. 
Welcome this day as the day our body returns to Spirit.


Dan Suatu hari kita akan diberi "badai sempurna" - badai yang melebihi angin topan hari dimana tiang-tiang perahu kita akan patah. Sambutlah hari ini sebagai hari dimana tubuh kita kembali ke Roh.

No comments: